Senin, 18 Juni 2012

Tips Memaksimalkan Rumah Minimalis

Sekali lagi artikel yang akan mengupas tentang terbatasnya lahan untuk memiliki rumah idaman. Begitu banyak keluhan yang intinya tentang lahan yang sempit. Dan pertanyaan wajibnya adalah bagaimana kita memiliki rumah idaman dengan lahan sempit tersebut.
Rata-rata luasan lahan di Perumahan tipe kecil (21-36) adalah 72 m2. Tetapi ada yang lebih kecil sekitar 60 m2. Tentu saja dengan luasan seperti itu akan sangat kesulitan untuk mendapatkan rumah yang ideal. Tetapi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak kreatif memanfaatkan semua potensi yang ada.
Untuk menambah ruang jelas alternative terbaik adalah dengan menambah bangunan secara vertical. Dengan menambah ruang secara vertical  berarti kita bisa mendapatkan luasan 2 kali lipat dari atau lebih dari bangunan yang sudah ada. Tetapi biasanya struktur bangunan belum disiapkan untuk 2 lantai. Berarti kita harus merubah struktur kolom bangunan agar kuat. Konsekuensi dari perubahan struktur ini adalah pengerjaan renovasi lebih lama dan biaya lebih besar.
Tips selanjutnya adalah memanfaatkan setiap jengkal tanah untuk fungsi-fungsi tertentu. Bahkan jika memungkinkan bisa menggabungkan lebih dari 2 fungsi. Misal saja tangga. Biasanya rumah 2 lantai bisa menggunakan tangga dengan beton. Untuk itu kita bisa memanfaatkan ruang dibawah tangga untuk ruang penyimpanan barang, atau bahkan kolam untuk menambah fungsi estetika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar