Selasa, 17 April 2012

Membasmi Rayap Di Rumah

Rayap adalah hewan tropis yang hidup berkoloni, oleh karena itu banyak sekali dijumpai di Indonesia dengan suhu yang hangat dan kelembaban tinggi. Rayap dengan mekanisme pencernaan menggunakan enzim dengan sangat mudah memakan kayu baik atap maupun kusen-kusen dirumah kita.
Pencegahan
Pencegahan adalah upaya awal bagi kita untuk menghindarkan serangan rayap ke rumah kita. Pertama adalah menghindari struktur bangunan khususnya yang berbahan kayu kontak langsung dengan tanah. Tetapi ini tidak berarti banyak karena rayap masih tetap bisa menmbus lantai atau bahkan tembok. Tetapi paling tidak kita bisa menghambat serangan rayap.
Kita juga harus waspada dimusin hujan manakala banyak laron yang masuk kedalam rumah. karena laron inilah yang nantinya akan bermetamorfosis menjadi rayap.
Tips Basmi Rayap Telp. 081228110720

Obat Rayap Ramah Lingkungan
1. Puntung Rokok
Rendam 10 batang puntung rokok dengan dua gelas air dan garam setengah sendok makan. Rendam selama satu malam. Saring larutan tersebut dan masukkan ke dalam alat penyemprot. Lalu, semprotkan pada bagian kayu yang terserang rayap.
2. Air Bekas Mencuci Beras
Kita bisa mencobanya dengan menyiram tanah atau kayu yang menjadi sarang rayap dengan air bekas mencuci beras. Air yang digunakan adalah air mencuci beras yang pertama. Air ini akan membuat rayap pergi.
3. Daun Pepaya dan Daun Sirih
Caranya, masukkan daun pepaya dan daun sirih ke dalam blender. Perbandingannya 2 untuk daun pepaya dan 1 untuk daun sirih. Tambahkan air secukupnya. Setelah daun tersebut lembut, saring untuk mendapatkan airnya. Lalu, tambahkan air hasil saringan tersebut dengan alkohol 70% dengan perbandingan 2 : 3. Larutan pun siap disemprotkan ke tempat yang terkena rayap.
Tetapi dari sekian cara yang paling efektif adalah dengan membuat desain rumah dengan konstruksi tanpa kayu. Mulai dari atap sampai kusen. Kita bisa menggunakan Baja Ringan, Galvalum atau kusen menggunakan bahan aluminium. Walaupun harga lebih mahal jika dibandingkan menggunakan kayu, tetapi dengan masa tahan yang jauh lebih lama tentu saja secara jangka panjang ini jauh lebih murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar